Konsep Desain Logo Piala Dunia 2018 Rusia

Konsep Desain Logo Piala Dunia 2018 Rusia
Konsep Desain Logo Piala Dunia 2018 Rusia

Seluruh maniak sepakbola sejatinya tinggal menghitung mundur, untuk menyaksikan ajang Piala Dunia 2018 yang nantinya bakal dilangsungkan di Rusia. Kesuksesan dalam menggelar Piala Dunia sebelumnya pada tahun 2014 di Brazil, nampaknya begitu memotivasi FIFA untuk meraih kesuksesan yang lebih lagi di tahun 2018. Sebagai langkah awal, FIFA terlebih dulu meresmikan logo Piala Dunia 2018 kepada masyarakat. Konferensi pers khusus untuk merilis logo tersebut digelar di 2 venue di Moskow. Yakni, International Space Station serta Bolshoi Theater. Pada kesempatan tersebut, FIFA pun mengupas tuntas makna yang tersirat dari desain logo Piala Dunia 2018 tersebut.

Fase seleksi desain logo Piala Dunia 2018

Dari 7 firma konsultan desain di seluruh dunia yang ikut berpartisipasi untuk mendesain logo Piala Dunia 2018, akhirnya Brandia Central menjadi firma yang dipilih oleh FIFA. Sebelumnya, firma desain yang berasal dari Portugal itu juga sempat mendesain logo untuk ajang Euro 2012 Polandia / Ukraina dan juga logo Euro 2016 Prancis.

Setelah melalui proses asistensi yang ketat, akhirnya Brandia Central mampu menyelesaikan logo Piala Dunia 2018 seperti yang kita bisa lihat saat ini. Dimana FIFA melihat desain logo tersebut adalah logo yang paling sesuai dengan aspek kebudayaan, olahraga dan pemerintahan Rusia. Adapun pelatih timnas Rusia, Fabio Capello ikut andil dalam proses asistensi logo yang dikreasi oleh Brandia Central itu.

Arti yang tersirat pada logo Piala Dunia 2018

Berdasarkan presentasi yang dilakukan oleh Brandia Central kepada FIFA, pada logo tersebut terdapat sejumlah jendela yang terbuka. Dimana mempunyai arti sebuah undangan kepada masyarakat seluruh dunia untuk menyaksikan Piala Dunia 2018 di Rusia. Selain itu, jendela-jendela itu juga menggambarkan wujud bola ajaib yang bakal digunakan dalam ajang sepakbola 4 tahunan itu. Bentuk lain yang juga terwujud dari logo tersebut adalah bentuk dari Sputnik, pesawat luar angkasa dari Rusia.

Pada logo tersebut juga terdapat alur gerakan yang merangkak keatas, dimana ini menyimbolkan sebuah kegembiraan pencinta sepakbola dan selebrasi timnas pemenang yang sedang mengangkat trofi.

Ada pula simbol manusia yang bermaknakan ambisi dari para pemain yang berbaur dengan euforia seluruh penonton Piala Dunia 2018.

Terkait warna, biru, merah, hitam dan emas dipilih menjadi komposisi warna logo, karena warna-warna tersebut adalah warna yang dipakai oleh banyak seniman Rusia kuno.

“Ini adalah desain logo yang paling menggambarkan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018”, ujar Sepp Blatter selaku Presiden FIFA.

Respon masyarakat luas terhadap logo Piala Dunia 2018

Memang di dunia ini tidak pernah ada gading yang tak retak. Begitupun dengan logo Piala Dunia yang sudah dibuat dengan sangat bagus ini. Sebagian masyarakat ada yang nyinyir mengatakan kalau bentuk logo lebih menyerupai kepala Alien. Tidak ada unsur olahraganya sama sekali, seperti logo Piala Dunia sebelum-sebelumnya. Ada pula yang mengatakan bentuk logo tersebut lebih memperlihatkan bentuk seekor ikan daripada trofi Piala Dunia.

Namun begitu, FIFA tetap kekeh dengan keputusan untuk memilih logo ini sebagai logo resmi Piala Dunia 2018. FIFA pun juga tidak lupa mengapresiasi kerja keras Brandia Central dalam memvisualisasikan sebuah logo yang paling pas buat turnamen Piala Dunia 2018 Rusia.